Fakta dan Mitos - Hello agan2/sista2 semua, pada kali ini ane mau ngeshare suatu info yaitu STRATEGI BELAJAR MENGEMUDI : Bagaimana yang Benar?
Banyak yang salah paham yak sama judul artikel ini Banyak yang kira ini teknik mengemudi mobil (nyetirnya) Ini bukan itu gan (?), tapi tahapan yg bener untuk belajar mobil. Teknik belajar mobil aslinya itu ga bisa lewat teori gan, harus langsung ada di balik setir n dibimbing sama ahlinya. Jangan pernah coba" belajar teori, baca cara" pake kopling, trus langsung aplikasiin sendiri. Itu DILARANG gan, karena teori dengan kenyataan mengemudi itu sungguh" b e r b e d a BELAJAR SAMA SIAPA?
Buat dapetin SIM A emang harus berusia minimal 17 tahun, tapi kalo sekedar bisa nyetir sebelum itu, belajar nyetir kemana yang paling efektif?
Nyetir sebuah mobil tentu bukan hal sepele. dengan berat diatas 1 ton, pengoperasian mobil yang salah bisa mengakibatkan fatalitas di jalan raya. makanya polisi menetapkan usia minimal buat punya SIM A itu 17 tahun. tapi bukan rahasia umum lagi kalo banyak remaja di bawah usia tsb yang sudah mahir mengemudikan mobil atau banyak juga yang pengen belajar mobil sejak dini. Bagaimana ortu menyikapi hal ini?
Justru ga ada gunanya kalo anak dilarang belajar nyetir mobil, mereka justru akan mencari kompensasi lain. entah minta diajari sopir atau bahkan teman yang bisa menyetir. hal ini justru lebih bahaya, kan? justru ortu harus bisa mengarahkan ke jalan yang benar. Sekarang ini emang ada beberapa cara yg bisa dilakukan untuk belajar nyetir. pertama dengan belajar sendiri dengan instruktur dari orang terdekat misalnya ortu. kedua bisa melalui jalur institusi resmi seperti sekolah mengemudi. Tahapan2 apa aja yg mesti dilakukan, spy calon2 pengemudi muda ini kelak menjadi pengemudi aman di jalan raya?
Manual atau Matik?
Ini nih yg masih menjadi perdebatan. ada 2 pendapat berbeda mengenai hal ini. pendapat pertama menyatakan lebih baik belajar mengemudi dengan transmisi matik lebih dulu. dengan gitu calon driver bisa dengan mudah beradaptasi dengan cara pengoperasian mobil dan selanjutnya ia bisa berkonsentrasi memahami cara berlalu-lintas tanpa direpotkan dgn pengoperasia transmisi. namun klo menurut ane sih lebih baik belajar dgn transmisi manual lebih dulu. kenapa? karena saat berpindah ke transmisi otomatis ga akan sesulit situasi sebaliknya. Tapi tetap harus ada sesi khusus berlatih dgn mobil transmisi otomatis meski telah mahir menggunakan manual. karakter dan fitur di transmisi otomatis haruslah dipahami betul sebelum boleh mengemudikannya. juga ada kecenderungan pengemudi yg baru mengemudikan mobil otomatis meletakkan kakinya di pedal rem. hal itu sangat berbahaya krna sensitivitas pedal rem dan kopling berbeda. buat mobil otomatis, kaki kiri harus selalu ada di footrest dan bukan di pedal rem. Gimana pendapat agan2?
Di negara yang baru aja kita kalahin Korea Selatan, SIM disana sendiri ada 2, yaitu SIM manual dan SIM matik. Untuk pengemudi SIM matik, mereka hanya boleh menyetir mobil bertransmisi matik, sedangkan SIM manual, boleh menyetir mobil bertransmisi manual dan matik.
Sekolah Mengemudi
Sekarang ini banyak sekolah mengemudi swasta yang bisa dimasuki. tapi berhubung belum ada standarisasi tinggi yg baku dari pemerintah, rata2 skolah mengemudi ini hanya mengajarkan pengoperasian kendaraan tingkat dasar. sedangkan masalah teknik lanjutan mengemudi aman maupun aturan berlalu-lintas secara rinci belum menjadi fokus pelatihan. Paling yang menjadi nilai tambah yakni kursuser dibantu pengurusan SIM.
Legal di Jalan Raya
Ternyata sesuai undang2 lalu lintas yang berlaku, ga diharamkan kok membiarkan anak di bawah umur/belum memiliki SIM mengemudi di jalan raya. namun seluruh tanggung jawab ada pada instruktur di sebelahnya. Artinya saat merasa anak itu cukup secara fisik dalam mengendarai mobil, kita bisa mendampinginya mengemudi di jalan raya tanpa melanggar hukum. namun sebaiknya hal tsb jangan langsung dilakukan. Sebaiknya latih dulu di area tertutup, misalnya di parkiran luas ataupun lapangan bola. dengan begitu sang anak bisa mempelajari intensif cara mengoperasikan kendaraan, tanpa mesti terganggu dengan lalu-lintas. setelah fasih, barulah bisa diajak ke jalan raya dengan selalu didampingi tentunya.
IMHO : bener juga ya gan, kan kita itu harus bisa nyetir dulu baru punya SIM, bukan punya SIM dulu baru bisa nyetir, jadi kalo misalnya kita bener2 ga dibolehin bawa secara legal di jalan raya, gimana kita mau nyesuain diri dulu dengan jalan raya dong ya? makanya kita secara legal bisa nyetir di jalan raya untuk menyesuaikan diri dan mahir dulu, sebelum punya SIM resmi, dengan instruktur disebelah pastinya. tapi tentunya harus hati2 ya gan, coz yang tanggung jawab semuanya di instruktur di sebelahnya. kan kesian klo kita yang nabrak tong sampah orang tapi sebelah kita yang tanggung jawab.
Tahap yang Benar
Dari sejumlah wawancara dan investigasi. Ane pun ada rekomendasi gimana tahapan melatih untuk mengemudi :
1. Sebagai ortu, mesti memiliki dasar teknik nyetir yang baik supaya bisa mengajari di tahap awal.
2. Lakukan pelatihan awal di area tertutup tanpa menggangu lalu lintas.
3. Setelah mahir mengoperasikan mobil, join aja di sekolah mengemudi spy dapet pengalaman berkendara di jalan raya (asal jangan kayak spongebob ya gan yang ga lulus2).
4. Lakukan pelatihan di area tertutup kembali kalo mau mengendarai mobil dgn jenis transmisi berbeda.
5. Setelah dapet SIM dan mengemudi di jalan, dalam waktu maks 3 th sebaiknya belajar mengemudi aman.
6. Lakukan refreshment mengemudi aman maks 3 th sekali spy selalu menyegarkan ingatan.
Safety Driving Course
Di negara maju spt Singapura misalnya, calon pemilik SIM harus lulus teknik mengemudi aman dan defensif. tapi kalo di negara kita hal tsb belum berlaku. Meski begitu, sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan mengemudi aman bila ingin mengurangi resiko di jalan. saat paling baik untuk ikut pelatihan mengemudi aman adalah setelah berpengalaman 1-3 th mengemudi di jalan.
Di sekolah seperti ini, bagaimana mengemudikan mobil secara tepat sehingga menghindarkan dari kondisi bahaya menjadi materi pengajaran. namun apabila kondisi bahaya itu terjadi, ada pembekalan cara menangkalnya. biaya pelatihan mengemudi aman sekitar Rp 1 - 1.5 jt/orang
Itu dulu aja gan buat artikel ane kali ini. KEEP SAFETY DRIVING GAN! PATUHI SEGALA UNDANG-UNDANG n RAMBU LALU LINTAS YANG ADA, JANGAN NAFSU NYEROBOT2 YA! Budayakan Mengemudi yang Baik dan Benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar