Fakta dan Mitos - Siapa sih yang gak pernah ngalamin ban bocor?? klo ban agan2 blum pernah mengalami kebocoran, berarti agan belum bisa di sebut sebagai pengendara (just kidding) ini murni dari pengalaman... yok
langsung aja...
Berikut Cara oknum tambal ban mendapatkan keuntungan :
1. TEBAR PAKU
Nah cara yang satu ini, cara yang paling mainstream di Jakarta...mereka para oknum menyebar paku kemudian menunggu ada yang kena...
2. PENIPISAN BAN DALAM
Coba agan perhatiin dah pas bagian ban dalam di kerok oleh para oknum, seharusnya yang di kerok cuma bagian yang ingin di tambal atau seluas tambalannya, tapi kadang yg di kerok luas banget, sehingga beberapa bagian ban dalam menjadi tipis dan gampang bocor sehingga, ketika bocor lagi, kita terpaksa membeli ban dalam baru dari mereka.
3. TANGKI AIR BERPAKU
Nah yang satu ini nih yang rada bahaya...Ketika para oknum sedang mengecek kebocoran, biasanya di bagian dasar tangki tersebut ada sebuah paku, sehingga kita harus mengeluarkan uang lebih untuk menambal lubang tersebut.
4. MEROBEK BAN DALAM
Sumpah ane paling kesel yang satu ini, waktu itu pas lagi nambel ban, ane tinggal dulu buat buang air pas balik lagi, kata abangnya bannya robek... mana deket pentilnya lagi ane di suruh beli ban dalem baru seharga 30k!! (kan lumayan buat dompet mahasiswa) terpaksa ane beli tuh ban dalem, terus ane bawa pulang ban dalem bekas ane tadi... pas ane cek, pola robekannya gak masuk akal, mulus dan lurus kayak bekas cutter.
5. PAKU BERLUBANG (MACEM JARUM SUNTIK)
Bih paku yang di desain khusus buat ngebocorin ban tubles, ketika ban tubles tertembus paku ini, angin di dalam ban pada keluar semua melalui lubang/celah di dalam paku!! cara kerjanya seperti jarum suntik.
6. Pas buka ban dalemnya itu, pentil untuk pompa ban sengaja dirobek sama tukang tambal, jd mau g mau kita harus ganti ban dalam.
7. Cara paling simple dan paling licik, si abang tambel ban bikin lubang baru di daerah pentil. Terus nantinya beralasan deket pentil gak bisa ditambal (emang gak bisa), harus ganti ban dalem. Ban dalem jelek aja bisa dihargain 35-45k, cem mana pula si lae.
Saran dari ane :
1. Perhatikan terus ketika proses penambalan berlangsung.
2. Tegur oknum tersebut jika ketahuan mensabotase ban anda.
3. Jika ban dalem anda robek, jgn sekali2 beli ban dalem bekas!! apa lagi ban dalem bekasnya dah ada tambelan.
4. Sekarang ban tubeless udh murah2 dan byk jual perlahan2 beralih ke ban tubeless kl ngerti bs nambal manual cm modal alat2 kecil2 dan bahan.
5. Biasakan ngecek ban 1-2 minggu sekali, biar tekanan angin di dalem ban ngga berkurang banyak, karena kalo ban kempes lebih besar kemungkinan ketancep paku daripada ban yg tekanan anginnya pas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar